Cara Melatih Bayi Berjalan Dengan 4 Kunci Sukses Ini

Cara Melatih Bayi Berjalan Dengan 4 Kunci Sukses Ini

Latihan berjalan merupakan kegiatan yang menyenangkan, sebenarnya. Hanya saja banyak yang masih ragu untuk memulai karena takut akan sering jatuh. Agar bayi Anda semangat untuk diajak berlatih, terdapat empat cara melatih bayi berjalan yang harus diterapkan. Dengan mengikuti tahapannya, dijamin si kecil justru akan menyukai dan semangat untuk latihan berjalan.

Bagaimana Cara Melatih Bayi Berjalan?

 

  1. Mulai Dari Belajar Berdiri dengan Stabil

Tahapan paling dasar saat melatih si kecil berjalan adalah dengan melatih keseimbangan tubuhnya. Cobalah untuk memulainya saat mereka sudah menginjak usia 9 bulan. Pertama, ajak si kecil berdiri dan letakkan kedua tangannya di atas meja sebagai tempat pegangan. Peganglah tubuhnya kemudian lepaskan. Lakukan latihan tersebut setiap hari, maksimal selama 1 jam.

  1. Lanjutkan dengan Melangkah Perlahan

Saat si kecil sudah mampu berdiri dengan stabil, persiapkan untuk tahapan latihan selanjutnya yakni melangkah. Pancing pergerakan bayi dengan meletakkan mainan favoritnya di atas meja. Saat si kecil sudah mulai bergerak, sebaiknya Anda berada di belakangnya. Tujuannya adalah untuk menjadi topangan si kecil saat mulai kehilangan keseimbangan. Jadi tidak jatuh ke lantai.

Dalam tahapan ini, Anda tidak dianjurkan untuk meletakkan mainan atau barang dalam jarak yang jauh. Pastikan jaraknya maksimal 3 langkah bayi saja. Selain itu, jangan memilih meja atau kasur yang terlalu tinggi ataupun rendah. Usahakan yang setara dengan tinggi badan bayi sehingga memudahkannya untuk meraih dengan tepat.

  1. Biarkan Bayi Berjalan sembari Berpegangan

Pada tahap sebelumnya, bayi memang sudah bergerak maju tapi belum sepenuhnya berjalan. Jarak mainan yang diletakkan hanya sekitar 2 atau 3 langkah kaki bayi saja. Apabila latihan tersebut sudah membuahkan hasil, maka ajaklah dia untuk mulai melangkah lebih banyak. Biarkan si kecil berpegangan pada meja untuk menjaga keseimbangan. Serta posisikan Anda tetap di belakang bayi.

  1. Berjalan Tanpa Harus Berpegangan

Tahap ini hanya boleh dilakukan saat bayi sudah memiliki keseimbangan yang cukup stabil. Mulailah dengan meletakkan mainan atau barang kesukaannya pada jarak sekitar 1 meter. Pastikan lantai dilapisi dengan karpet agar melindungi bayi jika dia terjatuh. Saat dia mulai berjalan tanpa pegangan, posisikan diri Anda di depannya beberapa centimeter dengan mengulurkan kedua tangan.

Dengan begitu Anda bisa memberikan semangat dan menangkapnya apabila keseimbangan bayi sudah mulai oleng. Barang tersebut bisa diletakkan di atas meja, box, ataupun tergeletak di atas karpet. Tidak perlu harus meraihnya sebab tujuan utamanya adalah mencapai titik target dengan mengandalkan keseimbangan tubuh dan kemampuan berjalannya.

Cara melatih bayi berjalan mungkin bervariasi. Tetapi 4 hal tersebut merupakan tahapan inti sehingga tidak boleh ada yang terlewat. Perlu diperhatikan juga bahwa gerakan bayi saat berlatih berjalan cukup gesit dan tidak beraturan. Sehingga Anda harus selalu mendampingi untuk memberikan dukungan dan mencegah si kecil dari hal yang membahayakan. Sudah semakin siap melatih si kecil, kan?

shares